Selasa, 27 Oktober 2009

CATATAN KECIL JANUARI 09

 

1.

Kebanyakan orang menganggab kata-kata yang puitis dan romantis adalah gombal karena menggunakan metafora-metafora. Tetapi bagi orang yang tahu, puitis dan romantis adalah hal lain yakni sebuah pemahaman yang tidak hanya memakai pikiran tetapi juga perasaan.

 

2.

Kehidupan seperti sebuah buku siapa pun boleh membacanya dan mengambil apa yang terdapat di dalamnya. Setelah itu ia boleh mengingat dan melupakannya sesuai masanya.

 

3.

Cinta adalah sebuah prinsip. Jika ada prinsip lain itu tak penting.

 

4.

Dunia ini khanyalan, tetapi tidak, ketika kita bisa berbagi sambil minum kopi, merokok dan ngobrol hal-hal yang tidak penting bagi orang lain.

 

5.

Telah banyak yang datang dan pergi. Di antaranya aku hanya bisa mengerti bahwa begitulah seharusnya. Karena aku takut akan kehilangan.

 

6.

Bagi para politikus hidup seperti bermain catur di pagi hari.

 

7.

Hidup ini adalah ketidaknormalan seperti Tuhan itu sendiri.

 

8.

Sebuah lagu yang aku dengarkan adalah usaha bagaimana memahami gerak pikiran dan hatiku.

 

9.

Setiap orang mempunyai cara bagaimana menyelesaikan masalahnya. Dan aku menyelesaikan masalahku dengan berpikir dan kerendahan hati yang aku punyai.

 

10.

Orang bijak tak akan melupakan janjinya sedangkan orang bodoh tak pernah berjanji sama sekali.

 

11.

Sastra adalah kemanusiaan. Dan pemimpin yang tak menyukainya adalah pemimpin yang buta mata hatinya.

 

12.

Menilai yang baik adalah menilai nilai itu sendiri.

 

13.

Yang ditulis seorang penyair adalah sesuatu yang menuju luka atau luka itu sendiri.

 

14.

Ada orang mengatakan persoalan hidup adalah persoalan agama. Tetapi bagi diriku persoalan hidup adalah persoalan hidup. Karena hidup adalah persoalan aku dengan orang lain. Agama adalah persoalanku dengan Tuhan karena agama adalah kepercayaan. Jika ada orang yang mengatakan agama telah mengajarkan bagaimana belajar hidup baik, bagiku orang bisa berbuat baik bukan karena ia beragama. Orang bisa damai di dunia karena ia mengerti arti kemanusiaannya.

 

15.

Tuhan mencipta cinta agar manusia mengerti betapa gilanya Tuhan.